Rabu, 27 Oktober 2010

Impian jadi Dosen!!

Dulu aku bercita-cita menjadi seorang dokter..tapi sekarang kayanya ga bisa lagi lah jadi dokter..Tanya mengapa? karena aku udah semester 5 di fakultas ekonomi jurusan akuntansi Unsyiah..Sekarang sepertinya aku kepingin lah jadi dosen..Tapi aku sadar sesadar-sadarnya..presentasi masii jauh dari kesempurnaan..ilmu pas-pasan masihh..apalagi mata kuliah pokok, akuntansi..sampai sekarang belum ada hati..Mungkin karena faktor hati n jiwa dari dulu udaj lengket dengan yang namanya kesehatan, alam, ya begitulah..
Tapi, sekarang aku sudah mulai belajar menjadi seorang dosen..ya awalnya dari ngajar2 adik2 dirumah..sekarang mulai ngajar bimbel..n dapat tawaran iseng2 ngajar adik2 d kampus..ya mudah2an bisa jadi asdos bahkan jadi dosen yang profesional lah..Amiin..
Tapi jadi dosen aku rasa memang bisa jadi investasi yang sangat baik buat visi dunia akhirat..Tau kan hadits Nabi saw yang katanya :"Apabila meninggal anak Adam, maka terputuslah semua amalannya kecuali tiga perkara, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang selalu mendoakan kedua orangtuanya..". mudah2an saya termasuk dalam golongan tersebut..Aamiinnn (kebanyakan Aamiin2 dari tadi! Ya, memang kekuatan doa itu ada lho, Allah aja selalu nyuruh kita berdoa kepada-Nya, insyaallah dikabulkan, tapi tergantung masanya juga,,semua rahasia Allah :))
Jadi guru atau dosen juga berat aku rasa, kalo murid/mahasiswa ga senang sama kita bagaimana ya? kalau dibicarakan tentang kejelekan kita pasti sedih ya..padahal mana ada manusia yang sempurna..
Dosen juga manusia..punya rasa punya hati..jangan samakan dengaaaaann.. pisau belateeee... (Serieus mode : on)

Pasti tu mahasiswa bilang gini ; iih..dosen tu killer, jarang masuk, sok sibuk..(saya juga mahasiswi yang hampir setiap hari mengalami dan menemukan kasus ini)..Ya, padahal belum tentu benar kan prasangka2 buruk itu..ya kalau mau pikiran jernih n hati bersih ya positive thinking aja lah..betul betul betuul..
berhubung karena bicarain tentang mimpi..kebetulan besok adik2 mahasiswa saya akan dapat soal final dari saya.. ;) ya, mudah2n acara jadi "kakak dosen sesaat" bisa jadi pengalaman buatku di masa depaan..Semangat naaad (\^0^/)
Niihhh..manatau ada adik2 mahasiswa/iku yang ga sengaja buka2 web..liat2 blog..inilah dia soal akhir kita besok sore yaa..ada jawabannya juga niih..gampang kok soalnya.. (beruntung yang nemu, kalo ga belajar tapi..buat yang mahasiswa/i yg pinter2..saya ga cemburu kok..saya hanya terus berusaha dan berdoa agar saya juga bisa punya ilmu seperti anda2..YeeaaaHh, salam "Kertas Lecek" kuu :)


ACCOUNTING STUDY CLUB
SOAL MIKROEKONOMI

Masalah Pokok Mikroekonomi
  1.  Sebutkan apa yang Anda ketahui tentang:
    1. pengertian mikroekonomi
    2. 3 permasalahan pokok mikroekonomi
    3. faktor-faktor produksi !
Jawaban :
§         Mikroekonomi : suatu bidang studi dalam ilmu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian yang isu pokok kajiannya adalah tentang bagaimana caranya menggunakan faktor-faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan.
§         Permasalahan pokok mikroekonomi ada 3 yaitu: what (apa—menentukan barang dan jasa apa yang harus diptoduksi), how (bagaimana—menentukan cara barang dan jasa diproduksi), dan terakhir adalah for whom (untuk siapa—menentukan untuk siapa barang dan jasa tersebut diproduksi)
§         Faktor-faktor produksi : 5M, yaitu man (manusia/tenaga kerja), money (uang/modal), materials (bahan baku), machines (mesin-mesin/peralatan), dan methods (metode/skill/enterpreneurship)

Permintaan, Penawaran, dan Keseimbangan
  1. Sebutkan :
    1. faktor penentu permintaan dan penawaran
    2. Diketahui :
QD1 = 10 - 2P1 + P2;
QS1 = -2 + 3P1;
QD2 = 15 + P1 - P2;
QS2 = -1 + 2P2;
Ditanya : Tentukan nilai P1*, Q1* dan P2*,Q2*
Jawaban :
  1. Faktor penentu permintaan ada 7: harga barang itu sendiri, harga barang lain yang berkaitan, pendapatan, corak distribusi pendapatan, cita rasa/selera masyarakat, jumlah penduduk, dan ramalan/ekspektasi masa depan.
Faktor penentu penawaran ada 5 : harga barang itu sendiri, harga barang lain yang berkaitan, biaya produksi, tujuan operasi perusahaan, tingkat teknologi yang digunakan
  1. Solusi :
Syarat keseimbangan di pasar 1:
QD1 = QS1
10 - 2P1 + P2 = -2 + 3P1
P2 = -12 + P1 ......................................1)
Syarat keseimbangan di pasar 2:
QD2 = QS2
15 + P1 - P2 = -1 + 2P2
P1 – 3P2 = -16 ………………2)
Substitusikan persamaan 1) ke persamaan 2)
P1 – 3P2 = -16
P1 – 3(-12 + P1) = -16
P1* = 52/14
P2* = 92/14

Substitusikan nilai P1* dan P2* ke persamaan QD1 atau QS1 dan QD2 atau QS2, maka didapat: Q1* = 64/7 dan Q2*=85/7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar